Jumat, 05 Mei 2017

Enam Hal Yang Harus Dimiliki Oleh Murid

Reportase

Bangsereh - Mas Ridho namanya, anak laki-laki keempat dari lima bersaudara. Ini adalah sepenggal peristiwa dirinya yang terjadi pada hari Sabtu, tanggal 18 Maret 2017 tempo hari. Kebetulan saat itu ia bangun tidur sekitar jam empat lebih untuk shalat shubuh. Setelah berwuduk ia bergegas shalat.
Usai shalat, Mas Ridho ditemani adiknya menuju sumur untuk mencuci pakaian. Dia terbiasa mencuci sendiri pakainnya dibantu adiknya, dan kadang membantu mencucikan beberapa pakaian milik anggota keluarganya diantaranya beberapa pakaian milik ayahnya, ibunya, dan adiknya.
Setelah pekerjaan ini selesai, Mas Ridho sarapan pagi. Istirahat sejenak dan  dilanjutkan aktifitas lain yaitu membantu menjemur gabah.

Sekitar 3 jam kemudian, cuaca tidak mendukung dan sepertinya hari akan turun hujan. Buru-buru Mas Ridho menyelamatkan “jemuran  padinya” dari serangan air hujan. Setelah selesai lalu dia mandi dan berwuduk untuk shalat Dzuhur dan makan siang. Hari sudah mulai terang dan hujan sudah reda, Mas Ridho dan adiknya bergegas kerutinitas selanjutnya yaitu sekolah madrasah di Gunelap.
Disana ia mengikuti pelajaran menerjemahkan kitab dan di jelaskan oleh sang Ustadz.
Ada hal penting yang dia dapatkan dari penjelasan sang ustadz, diantaranya tentang cara memilih sekolah atau pondok. Seseorang yang mau melanjutkan pendidikannya, entah sekolah maupun pondok, hendaknya melalui proses pertimbangan dan memikirkan terlebih dahulu minimal dua bulan sebelum memutuskan untuk masuk sekolah atau pondok.
“Orang yang mondok paling sedikit 3 tahun harus menetap di pondok” jelas sang ustadz sekilas menceritakan sebagian kisahnya saat dirinya mondok di Sidogiri.
“Pada saat itu, ada putra kiai saya yang mondok di Jawa Tengah. Selang satu minggu, si putra kiai tersebut di suruh pulang oleh pengasuh, dan dianggap ilmunya sudah mumpuni untuk mengembangkan pondoknya sendiri, yaitu di Sidogiri” kisah sang ustadz menambahkan.
Selain mendapat kisah hikmah dari Sang Ustadz, Mas Ridho juga mendapatkan petuah tentang “ilmu”, mencari ilmu dipastikan dilalui dengan berbagai macam cobaan hidup yang tidak ringan. Dan sesorang tidak akan mendapatkan ilmu kecuali ia memiliki 6 perkara; cerdas, berkemauan, sabar, bekal, dibimbing guru, dan jangka waktu yang lama.
Pembelajaran selesai, berdoa bersama dipimpin sang Ustadz, salam, lalu Mas Ridho, adiknya, dan teman-temannya yang lain pulang ke rumah masing-masing.
Sesampainya di Rumah, Mas Ridho istirahat sejenak kemudian pergi ke rumah kekeknya karena ada beberapa keperluan. Urusan dengan kakeknya selesai, Mas Ridho pulang karena hari sudah sore, ia bergegas mandi sambil menunggu adzan maghrib untuk kemudian shalat Maghrib. (Rdi).

1 komentar:

  1. Bismillahirrohmanirrohim
    Saran saya utamakan sholat mengaji / sedekah terutama ke masjid.
    Semoga Alloh SWT melindungi kita dunia akhirat
    Wessalammu alaikum wr wb

    BalasHapus